Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Saluputti

Penulis

  • Rubianus Rubianus Universitas Kristen Indonesia Toraja ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v5i1.980

Kata Kunci:

Think Talk Write, keterlaksanaan Pembelajaran, Aktivitas siswa, Hasil Belajar Siswa

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) keterlaksanaan pembelajaran dalam penerapan model pembelajaran tipe Think Talk Write dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VII SMPN 2 Saluputti; (2) aktifitas siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VII SMPN 2 Saluputti; (3) hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VII SMPN 2 Saluputti. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Saluputti. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIID yang berjumlah 30 siswa yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian diambil dengan menggunakan: (1) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa; (2) Instrumen Tes Hasil belajar diperoleh setelah pembelajaran dilakukan. Uji persyaratan instrumen meliputi 4 hal yaitu: (1) validitas instrument tes hasil belajar; (2) validitas observasi aktivitas siswa; (3) validitas keterlaksanaan pembelajaran; (4) reliabilitas instrumen tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa (1) pembelajaran dengan model Think Talk Write terlaksana dengan baik dengan skor rata-rata 3,09; (2) aktivitas siswa berada pada ketegori sangat aktif dengan skor persentase rata-rata 80,00; dan hasil belajar yang diperoleh siswa, yakni nilai rata-rata siswa yaitu 69,85 dengan kategori tinggi, nilai maksimum siswa yaitu 87,5 dan nilai minimum siswa yaitu 53,13.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2020-06-13

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

[1]
“Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Saluputti”, Jurnal KIP, vol. 5, no. 1, pp. 11–18, Jun. 2020, doi: 10.47178/jkip.v5i1.980.

Artikel Serupa

1-10 dari 173

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.