Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Saluputti
DOI:
https://doi.org/10.47178/jkip.v5i1.980Kata Kunci:
Think Talk Write, keterlaksanaan Pembelajaran, Aktivitas siswa, Hasil Belajar SiswaAbstrak
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) keterlaksanaan pembelajaran dalam penerapan model pembelajaran tipe Think Talk Write dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VII SMPN 2 Saluputti; (2) aktifitas siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VII SMPN 2 Saluputti; (3) hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VII SMPN 2 Saluputti. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Saluputti. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIID yang berjumlah 30 siswa yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian diambil dengan menggunakan: (1) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa; (2) Instrumen Tes Hasil belajar diperoleh setelah pembelajaran dilakukan. Uji persyaratan instrumen meliputi 4 hal yaitu: (1) validitas instrument tes hasil belajar; (2) validitas observasi aktivitas siswa; (3) validitas keterlaksanaan pembelajaran; (4) reliabilitas instrumen tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa (1) pembelajaran dengan model Think Talk Write terlaksana dengan baik dengan skor rata-rata 3,09; (2) aktivitas siswa berada pada ketegori sangat aktif dengan skor persentase rata-rata 80,00; dan hasil belajar yang diperoleh siswa, yakni nilai rata-rata siswa yaitu 69,85 dengan kategori tinggi, nilai maksimum siswa yaitu 87,5 dan nilai minimum siswa yaitu 53,13.