Efektivitas Pendekatan Think Pair Share Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Pelita Harapan Rantepao

Authors

  • Sonny Yalti Duma Universitas Kristen Indonesia Toraja Author

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v3i2.173

Keywords:

Pendekatan Think Pair Share, Pembelajaran Matematika, Efektivitas

Abstract

Pendekatan Think Pair Share adalah suatu cara yang efektif untuk membuat variasi suasana pola diskusi kelas. Pendekatan ini merupakan cara yang efektif untuk mengubah pola mengajar dalam kelas. Pendekatan Think Pair Share tumbuh dari penelitian pembelajaran kooperatif. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan “Apakah pendekatan Think Pair Share efektif dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Pelita Harapan Rantepao. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Pelita Harapan Rantepao yang berjumlah 59 siswa yang sekaligus menjadi sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi, angket, dan tes hasil belajar. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif berupa skor rata-rata dan persentase yaitu mendeskripsikan kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan pendekatan Think Pair Share, aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan Think Pair Share, respon siswa dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan Think Pair Share. Selain itu, digunakan statistik inferensial yaitu uji-t dengan Polled Varian untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan Think Pair Share terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Pelita Harapan Rantepao. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dikemukakan bahwa: a) kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan pendekatan Think Pair Share tergolong sangat baik dengan skor rata-rata 4,607, b) aktivitas siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Think Pair Share dapat melibatkan siswasecara aktif selama pembelajaran atau kegiatan berpusat pada siswa dengan skor rata-rata 73,975%, c) respon siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan Think Pair Share adalah positif. Hal ini terlihat dari siswa yang berminat mengikuti pelajaran selanjutnya dengan pendekatan Think Pair Share sebesar 100%, d) pendekatan Think Pair Share dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa yaitu dari tes awal 3,5% dan pada tes akhir ketuntasan belajar meningkat menjadi 100%, e) adanya pengaruh pendekatan Think Pair Share  dalam pembelajaran matematika. Hal itersebut dapat ditunjukkan dari nilai yaitu 9,14  1,70. Dengan demikian penerapan pendekatan Think Pair Share efektif dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Pelita Harapan Rantepao.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-26

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Efektivitas Pendekatan Think Pair Share Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Pelita Harapan Rantepao”, Jurnal KIP, vol. 3, no. 2, pp. 537–544, Dec. 2017, doi: 10.47178/jkip.v3i2.173.

Similar Articles

1-10 of 103

You may also start an advanced similarity search for this article.