Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Mengkendek

Authors

  • Suri Toding Lembang Universitas Kristen Indonesia Toraja Author

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v6i2.77

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together, Keterlaksanaan Pembelajaran dan Hasil Belajar Matematika

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) merupakan model pembelajaran yang mengutamakan keaaktifan siswa dalam pembelajaran dengan ciri utamanya adanya penomoran sehingga semua siswa berusaha untuk memahami setiap materi yang diajarkan dan siswa bertanggungjawab atas nomor anggotanya masing-masing . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT); (2) untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Mengkendek. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Mengkendek. Sampel penelitian terpilih secara Clauster Random Sampling yang terdiri dari kelas VIIIa yang berjumlah 26 orang sebagai kelompok eksperimen yakni yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan kelas VIIIc yang berjumlah 22 orang sebagai kelompok kontrol yakni yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) yang dilakukan selama 4 kali pertemuan tergolong terlaksana dengan baik dengan skor rata-rata 3.89. Model pembelajaran mempengaruhi hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata post-test siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) adalah 78,47 lebih tinggi dari pada post-test siswa yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) yaitu 59,82. Sehingga kesimpulannya “ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Mengkendek.”

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-06

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Mengkendek”, Jurnal KIP, vol. 6, no. 2, pp. 1571–1576, Dec. 2017, doi: 10.47178/jkip.v6i2.77.

Similar Articles

1-10 of 177

You may also start an advanced similarity search for this article.