Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Katolik Disamakan Makale
DOI:
https://doi.org/10.47178/jkip.v3i2.178Keywords:
Model Pembelajaran InkuiriAbstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Katolik Disamakn Makale. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling dengan jumlah populasi sebanyak 6 kelas yang terdiri dari 173 siswa.Sampel yang terpilih adalah 2 kelas masing-masing 28 siswa untuk kelas eksperimen dan 27 siswa untuk kelas kontrol.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar siswa bentuk uraian atau essay. Pengolahan data hasil penelitian menggunakan satstistik deskriptif dan ststistik inferensial. Statistik deskriptif dimaksudkan untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa berupa skor rata-rata dan persentase, sedangkan analisis inferensial digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Skor rata-rata nilai hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen sebelum diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri (pre-tes) adalah 22,27 dan setelah diberi perlakuan yaitu diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri (pos-tes) maka nilai rata-rata menjadi 72,88. (2) Skor rata-rata nilai hasil belajar matematika siswa pada kelas kontrol sebelum diajar tanpa menggunakan model pembelajaran inkuiri (pre-tes) adalah 21,04 dan setelah diberi perlakuan yaitu diajar tanpa menggunakan model pembelajaran inkuiri (pos-tes) maka nilai rata-rata menjadi 63,56. Berdasarkan pengujian yang dilakukan dengan perhitungan statistik diperoleh thitung= 2,31 jika dibandingkan dengan ttabel= 1,67 dengan dk=53 dan taraf kesalahan 5% ternyata thitung>ttabel (2,31>1,67). Secara statistik dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Katolik Disamakan Makale.