Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Perubahan Wujud Benda Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Di Kelas IV SD Kristen 2 Makale Kabupaten Tana Toraja
DOI:
https://doi.org/10.47178/jkip.v2i2.116Keywords:
inkuiri, hasil belajar, penelitian tindakan kelasAbstract
Penelitian ini mengkaji tentang Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Kristen 2 Makale Kabupaten Tana Toraja Tentang Perubahan Wujud Benda Melalui model Inkuiri. Permasalahan pokok yang dikaji yaitu bagaimanakah proses penerapan strategi Inkuiri pada siswa kelas IV sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa,dan apakah hasil belajar tentang perubahan wujud benda pada siswa kelas IV SD Kristen 2 Kabupaten Tana Toraja dapat meningkat ? Pendekatan penelitian yang di gunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian yaitu proses dan hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran Inkuiri. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Berdasarkan data hasil penelitian dari siklus terdiri siklus I sampai siklus II pertemuan I, diperoleh data bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui penerapan strategi pembelajaran inkuiri mengalami peningkatan secara signifikan. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu terjadi peningkatan hasil belajar aktivitas belajar sisa melalui penerapan strategi pembelajaran inkuiri tentang perubahan wujud benda di kelas IV SD Kristen 2 Makale Kabupaten Tana Toraja