Penerapan Model Student Facilitator and Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV SDN 5 Tallunglipu Kabupaten Toraja Utara.

Authors

  • Semuel Mawa' Ratu Universitas Kristen Indonesia Toraja Author

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v4i2.64

Keywords:

Student Facilitator and Explaining, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN 5 Tallunglipu jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKN siswa kelas IV SDN 5 Tallunglipu, Kecamatan Tallunglipu, Kabupaten Toraja Utara  melalui penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Sumber data penelitian ini adalah guru kelas IV sebanyak 1 orang dan siswa Kelas IV SDN 5 Tallunglipu, Kecamatan Rantepao,  Kabupaten Toraja Utara dengan jumlah 35 orang. Teknik  pengumpulan data, yaitu: teknik tes dan teknik non tes (wawancara, dan observasi). Data proses penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif sedangkan data hasil pembelajaran dianalisis dengan  teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil tes siswa dari tahap siklus I ketuntasan belajar siswa 64,71% dan meningkat pada tahap siklus II dengan ketuntasan belajar mencapai 91,42%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran  Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar PKN siswa kelas IV SDN 5 Tallunglipu. Hal ini terlihat dari pembelajaran dengan model pembelajaran  Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-05

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Penerapan Model Student Facilitator and Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV SDN 5 Tallunglipu Kabupaten Toraja Utara”., Jurnal KIP, vol. 4, no. 2, pp. 879–886, Dec. 2017, doi: 10.47178/jkip.v4i2.64.

Similar Articles

1-10 of 179

You may also start an advanced similarity search for this article.