Penerapan Model Student Facilitator and Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV SDN 5 Tallunglipu Kabupaten Toraja Utara.
DOI:
https://doi.org/10.47178/jkip.v4i2.64Kata Kunci:
Student Facilitator and Explaining, hasil belajarAbstrak
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 5 Tallunglipu jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKN siswa kelas IV SDN 5 Tallunglipu, Kecamatan Tallunglipu, Kabupaten Toraja Utara melalui penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Sumber data penelitian ini adalah guru kelas IV sebanyak 1 orang dan siswa Kelas IV SDN 5 Tallunglipu, Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara dengan jumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data, yaitu: teknik tes dan teknik non tes (wawancara, dan observasi). Data proses penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif sedangkan data hasil pembelajaran dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil tes siswa dari tahap siklus I ketuntasan belajar siswa 64,71% dan meningkat pada tahap siklus II dengan ketuntasan belajar mencapai 91,42%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar PKN siswa kelas IV SDN 5 Tallunglipu. Hal ini terlihat dari pembelajaran dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa.