Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Metode Bermain Pada Siswa Kelas I SD Negeri 5 Makale Kabupaten Tana Toraja
DOI:
https://doi.org/10.47178/jkip.v3i1.188Keywords:
Metode Bermain, Keterampilan Membaca Permulaan, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Upaya meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui metode bermain sebagai fokus penelitian bertolak dari kenyataan dilapangan yang masih banyak siswa kelas I yang belum lancar membaca. Nasalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui metode bermain pada siswa kelas I SD Negeri 5 Makale dengan tujuan unutk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melaui metode bermain dengan manfaat meliputi manfaat teoritis dan praktis. Metode yang digunakan yaitu metode bermain dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitan ini disusun dengan satuan siklus secara berdaur ulang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakankelas yang berdaur ulang atau siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data penelitian adalah data aktivitas hasil belajar siswa membaca permulaan yang menunjukan bahwa adanya peningkatan yang berarti baik pada aktifitas guru maupun siswa yang diperoleh dengan melalui observasi, tes, dan wawancara. Peningkatan dapat dilihat pada setiap siklus. Siklus I kualifikasi kurang (K), siklus II kualifikasi cukup (C) dan siklus III kualifikasi baik (B). Kesimpulan penelitian ini adalah adalah penggunaan metode bermain dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan. Hasil ini dapat dicapai karena adanya kerja sama antara peneliti sebagai perancang, pelaksana, pengobservasi dan guru kelas I sebagai pengamat.