Peningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Tugas Atau Proyek Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Bittuang
DOI:
https://doi.org/10.47178/jkip.v3i1.184Keywords:
Pembelajaran Berbasis Tugas atau ProyekAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Bahasa Indonesia dengan diterapkannya metode pengajaran berbasis tugas atau proyek pada siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Bittuang. Adapun manfaat hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Menjadi referensi yang tidak saja memperkaya perbendaharaan skripsi di UKI Toraja, melainkan juga karena penelitian yang penulis buat ini masih tergolong jarang di UKI Toraja dan dapat menginspirasi mahasiswa dari jurusan pendidikan Bahasa Indonesia untuk tertarik menulis Penelitian Tindakan Kelas, (2) Menambah pengetahuan dan wawasan penulis tentang Penelitian Tindakan Kelas yang bermanfaat secara praktis meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar bahasa Indonesia, (3) Sumbangan pemikiran bagi guru Bahasa Indonesia yang berada di SMP Negeri 3 Bittuang bahwa PTK memiliki dampak yang positif tidak saja bagi siswa yang diteliti, melainkan juga bagi guru untuk mendesain rencana tindakan yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian disebutkan bahwa prestasi belajar siswa kelas VIII di SMPN 3 Bittuang mengalami peningkatan melalui penerapan metode pembelajaran berbasis tugas atau proyek. Hal tersebut dibuktikan dari rubrik pengamatan bahwa pada siklus I siswa yang dianggap tuntas belajar adalah 12 orang siswa atau 46,2% meningkat pada siklus II menjadi 24 orang atau 92,3%, Pada siklus II yang tidak tuntas tinggal 2 orang atau 7,7%.