Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas V SDN 101 Makale 4
DOI:
https://doi.org/10.47178/jkip.v8i3.1004Keywords:
Model Pembelajaran Think Talk Write, Hasil belajar IPSAbstract
Penelitian yang dilaksanakan berfokus pada proses belajar dan hasil belajar siswa. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian tindakan yang dilaksanakan adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas V SDN 101 Makale 4 Kabupaten Tana Toraja. Yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 101 Makale 4 dengan jumlah siswa 20 yang terdiri dari 9 laki-laki dan 11 perempuan pada tahun ajaran 2019/2020 semester genap. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas yaitu dengan memberikan tes kepada siswa untuk memperoleh data hasil belajar dan data situasi proses pembelajaran pada saat pelaksanaan tindakan diperoleh melalui lembar observasi yang diamati selama proses pembelajaran. Hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 67,50% yang masuk dalam kategori cukup. Pada siklus II nilai ketuntasan 95% yang masuk dalam kategori sangat baik. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran think talk write (TTW), hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V SDN 101 Makale 4 Sampean Kecamatan Makale Kabupaten Tana Toraja.