Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Organ Tubuh Manusia Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Vonny Suzanna Noviana Rante Universitas Kristen Indonesia Toraja Author

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v1i1.140

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Masalah, penguasaan konsep, berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan metode kuasi eksperimen pada salah satu SD di Kota Makale
Kabupaten Tana Toraja. Materi IPA yang dibahas adalah tentang organ tubuh manusia. Sebagai
sampel, untuk eksperimen dipilih satu kelas VA,sebagai pembandingnya (kontrol) digunakan kelas konvensional yang juga diberikan kepada satu kelas VB pada SD yang sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaaan model pembelajaran berbasis masalah dalam pokok bahasan organ tubuh pada manusia secara signifikan dapat lebih meningkatkan penguasaan konsep dan berpikir kritis siswa dibanding dengan penggunaaan model pembelajaran konvensional. Guru dan sebagian siswa menanggapi secara positif penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran IPA disekolah. Mereka merasa senang dan termotivasi untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran, mereka juga merasa pemahaman konsep dan keterampilan proses dapat difasilitasi, dan sebagian besar diantara mereka menginginkan penggunaan model pembelajaran ini pada materi IPA yang lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2012-11-20

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Organ Tubuh Manusia Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar”, Jurnal KIP, vol. 1, no. 1, pp. 24–31, Nov. 2012, doi: 10.47178/jkip.v1i1.140.

Similar Articles

1-10 of 100

You may also start an advanced similarity search for this article.