Efektivitas Model Pengajaran Langsung Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP Kristen Dende
DOI:
https://doi.org/10.47178/jkip.v2i1.158Keywords:
efektivitas, model pembelajaran langsung, pembelajaran matematikaAbstract
Model pengajaran langsung merupakan suatu pendekatan mengajar yang dapat membantu siswa mempelajari keterampilan dasar dan memperoleh informasi yang dapat diajarkan selangkah demi selangkah. Pengajaran langsung dirancang secara khusus untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural. Penelitian dilakukan untuk
mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pengajaran langsung dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan model pengajaran langsung. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMP Kristen Dende’ yang berjumlah 42 siswa, sedangkan yang menjadi sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling sehingga sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIA yang berjumlah 21 siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi dan tes hasil belajar. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif berupa skor rata-rata dan persentase yaitu mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pengajaran langsung, aktivitas siswa dalam pengajaran langsung dan hasil belajar siswa dalam pengajaran langsung, dan statistik inferensial digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pengajaran langsung dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan model pengajaran langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 3,76 dan nilai t tabelnya sebesar 2,021, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara siswa yang diajar dengan model pengajaran langsung dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan model pengajaran langsung