Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Bonggakaradeng

Authors

  • Rubianus Rubianus Universitas Kristen Indonesia Toraja Author

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v5i3.984

Keywords:

motivasi belajar, hasil belajar matematika

Abstract

Motivasi belajar merupakan dorongan yang berasal dari dalam dari luar diri seseorang yang menggerakkan dan mengarahkan perilaku termasuk perilaku belajar untuk memperoleh hasil belajar maksimal. Adapun tujuan penelitian yaitu (1) untuk mengetahui motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bonggakaradeng. ( 2) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bonggakaradeng. (3) Untuk mengetahui apakah motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bonggakaradeng. Pengelolahan data hasil penelitian menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menggunakan deskriptif menunjukan bahwa motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bonggakaradeng tergolong kedalam kategori cukup dengan rata-rata nilai 61,83 dan hasil belajar matematika yang diperoleh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bonggakaradeng tergolong dalam kategori baik dengan rata-rata 79,35.Berdasarkan uji hipotesis menunjukan bahwa thitung 1,506 < ttabel 2,080 maka H0 diterima dan H1 ditolak artinya bahwa tidak ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bonggakaradeng. Dengan persamaan regresi linear adalah Y= 66,460 +0,211X dari persamaan tersebut koefisien regresi sebesar 0,211 menyatakan bahwa setiap peningkatan motivasi siswa akan mempengaruhi hasil belajar sebesar 0,211. Hasil koefisien determinasi diperoleh sebesar 9,7 % dan 90,3 % dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan : (1) Untuk meningkatkan hasil belajar matematika khususnya siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bonggakaradeng maka cara dilakukan adalah meningkatkan motivasi belajar siswa. (2) disarankan kepada peneliti lain agar dapat mengadakan penelitian selanjutnya berhubungan dengan variabel yang telah diteliti daam penelitian ini agar dapat memperoleh kajian yang lebih bagus sehingga diperoleh manfaat peneliti yang memuaskan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-16

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Bonggakaradeng”, Jurnal KIP, vol. 5, no. 3, pp. 1–4, Jun. 2020, doi: 10.47178/jkip.v5i3.984.

Similar Articles

1-10 of 154

You may also start an advanced similarity search for this article.