Efektivitas Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Kristen Kandora
DOI:
https://doi.org/10.47178/jkip.v3i2.177Keywords:
efektivitas pendekatan kontekstualAbstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui keefektivan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Kristen Kandora. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling dengan jumlah populasi sebanyak 3 kelas yang terdiri dari 95 siswa.Sampel yang terpilih adalah 1 sebanyak 32 siswa untuk kelas eksperimen.Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi kemampuan guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, angket respon siswa, dan tes berupa soal essay untuk memperoleh skor mengenai data prestasi belajar matematika. Pengolahan data hasil penelitian menggunakan satstistik deskriptif. Statistik deskriptif dimaksudkan untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa berupa skor rata-rata dan persentase. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Kemampuan guru dalam menerapkan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran kubus dan balok dapat dikategorikan sangat baik dengan skor rata-rata untuk 3 kali pertemuan sebesar 4.54. (2) Penerapan pendekatan kontekstual dapat menerapkan siswa secara aktif dengan skor rata-rata persentase aktivitas siswa selama 3 kali pertemuan adalah 81.9. (3) Secara umum siswa memberi tanggapan positif terhadap pembelajaran dengan pendekatan kontekstual. (4) Skor rata-rata nilai hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen sebelum diajar menggunakan pendekatan kontekstual (pre-tes) adalah 29.15 dan setelah diberi perlakuan yaitu diajar dengan menggunakan pendekatan kontekstual (pos-tes) maka nilai rata-rata menjadi 72.4.