Efektifitas Pendekatan Kontekstual Budaya Lokal Terhadap Pencapaian Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP

Authors

  • Selvy Rajuaty Tandiseru Universitas Kristen Indonesia Toraja Author

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v3i3.98

Keywords:

Kontekstual budaya lokal, representasi matematis

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan representasi matematis siswa. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menggunakan kontekstual budaya lokal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pendekatan kontekstual budaya lokal terhadap pencapaian kemampuan representasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP di Kecamatan Tikala dan dengan jumlah sampel 77 siswa dari dua kelas. Teknik pengambilan sampel adalah teknik cluster random sampling. Data di analisis dengan menggunakan uji-t dan Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual budaya lokal lebih baik dari siswa yang mendapat pendekatan kontekstual budaya lokal efektif terhadap pencapaian kemampuan representasi matematis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-10

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Efektifitas Pendekatan Kontekstual Budaya Lokal Terhadap Pencapaian Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP”, Jurnal KIP, vol. 3, no. 3, pp. 675–683, Dec. 2017, doi: 10.47178/jkip.v3i3.98.

Similar Articles

1-10 of 17

You may also start an advanced similarity search for this article.