Hubungan Penguasaan Materi Himpunan Terhadap Hasil Belajar Relasi Dan Fungsi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri I Rantepao
DOI:
https://doi.org/10.47178/jkip.v5i1.1179Keywords:
himpunan, relasi dan fungsiAbstract
Himpunan adalah kumpulan atau kelompok benda (objek) yang telah terdefenisi dengan
jelas yang merupakan materi prasyarat terhadap relasi dan fungsi, oleh karena sebelum
mempelajari materi relasi dan fungsi terlebih dahulu menguasai tentang himpunan.
Variabel penelitian ini yaitu variabel X sebagai variabel bebas dan variabel Y sebagai
variabel terikat yang menyatakan tingkat prestasi belajar relasi dan fungsi. Populasi
penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri I Rantepao sebanyak 2 kelas dengan
jumlah siswa 54 orang sedangkan sampel penelitian diambil dengan jumlah seluruh siswa
tersebut sehingga diperoleh sampel 54 orang siswa dengan menggunakan sampel total.
Pengumpulan data diperoleh dengan memberikan instrumen test untuk dijawab. Data hasil
penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik deskriptif
digunakan untuk mendeskripsikan karakteristik distribusi skor masing-masing variabel,
dan statistik inferensial digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil
analisis data dengan menggunakan dua jenis statistik yaitu statistik deskriptif dan statistik
inferensial, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Hasil belajar matematika
siswa kelas VII SMP Negeri I Rantepao tergolong tinggi dengan skor 82,7 untuk materi
himpunan dan 81,07 untuk materi relasi dan fungsi. (2) Terdapat hubungan yang signifikan
antara penguasaan materi himpunan dengan belajar relasi dan fungsi siswa kelas VII SMP
Negeri I Rantepao. Hal ini terlihat dari nilai thitung = 6; 849 lebih besar dari ttabel2; 007: