Meminimalisasi Kecemasan (Anxiety) Dengan Menumbuhkan Self Awareness Siswa Dalam Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.47178/jkip.v2i1.151Keywords:
Meminimalisasi Kecemasan, Anxiety, Menumbuhkan Self Awareness, siswa, pembelajaran matematikaAbstract
Untuk mengurangi kecemasan siswa dalam belajar matematika, maka perlu untuk menumbuhkan kesadaran diri siswa tentang pentingnya belajar matematika, menyajikan materi dengan menarik, memfariasikan pola pembelajaran, menuangkan konsep matematika dalam kehidupan sehari- hari, memuji setiap kemajuan/ pencapaian siswa. Menumbuhkan self awareness dalam diri siswa membuat siswa sadar tentang sejauh mana kemampuannya dan bagaimana mencapai kesuksesan, secara khusus untuk mencapai kesuksesan dalam belajar matematika. Jadi kesadaran diri merupakan langkah pertama dalam menciptakan apa yang diinginkan dan dikuasai siswa. sehingga siswa memfokuskan perhatian, reaksi, kepribadian dan perilakunya untuk lebih mencintai matematika. juga dengan memiliki pemahaman yang jelas dari pentingnya belajar matematika, maka kecemasan belajar matematika dapat dapat berkurang. Siswa yang memiliki kesadaran diri akan mengenal dirinya sendiri, sehingga dapat menemukan potensi dirinya dan mengembangkan potensi itu untuk memperbaiki keadaan dirinya dan akan terus berusaha agar bisa mandiri, akan dapat menyelesaikan problematika dalam belajarnya dengan cara bijak dan akan tahan terhadap segala tantangan yang menerpanya. siswa juga akan memiliki tingkat percaya diri yang tinggi dan mampu terus memotivasi dirinya untuk tidak kenal lelah berusaha dan berjuang sampai bisa. Oleh karena itu sebagai pendidik sangat berperan membantu para siswa untuk menumbuhkan kesadaran diri siswa dalam belajar khususnya belajar matematika yang sering jadi momok bagi kebayakan siswa.