Analisis Kemampuan Berpikir Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 4 Rantetayo Berdasarkan Teori Van Hiele
DOI:
https://doi.org/10.47178/jkip.v8i1.762Kata Kunci:
Analisis Kemampuan Berpikir, Van HieleAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir siswa berdasarkan teori belajar Van Hiele. Subjek penelitian ini adalah 26 siswa kelas VIIIa SMPN 4 Rantetayo. Instrument yang digunakan adalah tes uraian. Berdasarkan hasil analisis setiap tahap pada semua soal yang diberikan kepada siswa diperoleh 85% yang memiliki kemapuan berpikir pada tahap pengenalan (tahap 0), 54% siswa yang memiliki kemampuan berpikir pada tahap analisis (tahap 1), 38% siswa yang memiliki kemampuan berpikir pada tahap pengurutan (tahap 2), 36% siswa yang memiliki kemampuan berpikir pada tahap deduksi (tahap 3), dan 0% siswa yang memiliki kemampuan berpikir pada tahap keakuratan (tahap 4). Berdasarkan persentase hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa siswa SMP N 4 Rantetayo sudah sebagian besar siswa yang sudah memiliki kemampuan berpikir tahap pengenalan, jadi dapat dikatakan bahwa siswa SMPN 4 Rantetayo memiliki kemampuan berpikir yang sudah baik berdasarkan teori Van Hiele, kemudian pada tahap analisis dan tahap pengurututan hanya sebagian siswa yang memiliki kemampuan berpikir tersebut, itu berarti bahwa siswa SMP N 4 Rantetayo memiliki kemampuan berpikir sedang berdasarkan teori belajar Van Hiele. Pada tahap deduksi siswa SMP N 4 Rantetayo hanya beberapa yang memiliki kemampuan pada tahap deduksi, dan itu berarti bahwa mereka memiliki kemampuan berpikir yang rendah berdasarkan teori belajar Van Hiele. Dan yang terakhir adalah tahap keakuratan, pada tahap ini siswa SMPN 4 Rantetayo belum mampu pada tahap keakuratan berdasarkan teori Van Hiele.