Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah Di Kelurahan Pantan Kabupaten Tana Toraja
DOI:
https://doi.org/10.47178/jkip.v3i1.182Keywords:
Pola asuh orang tua, kemandirian, anak pra sekolahAbstract
Kemandirian adalah suatu kemampuan individu untuk mengatur dirinya sendiri dan tidak tergantung kepada orang lain. Tumbuh kembangnya kepribadian anak terutama kemandirian dipengaruhi oleh pola asuh orang tua yang diterapkan dalam keluarga. Pola asuh yang tepat akan meningkatkan kemandirian anak begitupun sebaliknya. Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis hubungan pola asuh orang tua dengan tingkat kemandirian anak usia pra sekolah di Kelurahan Pantan Kabupaten Tana Toraja. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional dan instrumen penelitian berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua yang mempunyai anak usia 3-6 tahun dengan besar sampel 50 sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel independen adalah pola asuh permisif, pola asuh autoritatif, pola asuh otoriter, pola asuh demokratis dan variabel dependen adalah tingkat kemandirian anak usia pra sekolah. Metode analisa yang dilakukan dengan metode analisis univariat dan analisis bivariat dengan menggunakan uji statistik Chi Square dengan tingkat signifikan ? < 0.05. Hasil penelitian menunjukkan pola asuh orang tua berhubungan dengan tingkat kemandirian anak usia pra sekolah di Kelurahan Pantan Kabupaten Tana Toraja, dengan nilai signifikan pada pola asuh permisif ? = 0,015, pola asuh autoritatif ? = 0,018, pola asuh otoriter ? = 0,026, pola asuh demokratis ? = 0,007, sehingga dapat ditarik kesimpulan ada hubungan pola asuh orang tua dengan tingkat kemandirian anak usia pra sekolah di Kelurahan Pantan Kabupaten Tana Toraja. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa untuk meningkatkan kemandirian pada anak, orang tua harus menerapkan pola asuh yang baik kepada anak, khususnya anak usia pra sekolah. Saran bagi orang tua agar lebih menerapkan pola asuh demokratis dalam mengasuh dan mendidik anak.