Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMK Pembangunan Makale Kelas X Kejuruan

Authors

  • Bergita M. Saka Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Perdy Karuru Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Heryc Serong Universitas Kristen Indonesia Toraja

Keywords:

hasil belajar, pembelajaran daring

Abstract

Keberhasilan dalam Pendidikan adalah terletak pada kemampuan dan kualitas proses Pendidikan. Sistem pembelajaran daring adalah proses pembelajaran yang dilakukan secara bersamaan yang dilakukan secara jarak jauh melalui media yang bertujuan untuk meningkatkan pemerataan akses terhadap pembelajaran yang bermutu. Pembelajaran daring diharapkan mampu menumbuhkan kemampuan, pengetahuan serta potensi peserta didik dalam pembelajaran yang dilaksanakan secara online seperti halnya yang dilaksanakan di dalam kelas.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar fisika pada masa pandemi Covid-19 di SMK Pembangunan Makale. Populasi penelitian adalah siswa kelas X Pembangunan Makale. Sampel penelitian ini terpilih secara acak yang terdiri dari kelas X Kejuruan. Data penelitian diambil dengan menggunakan: (1) instrumen tes dengan jumlah 5 item. Uji  persyaratan instrument tes yaitu validitas instrument tes. Validasi isnrumen tes dilakukan dengan 3 validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring berpengaruh terhadap hasil belajar fisika pada masa pandemi Covid-19 di SMK Pembangunan Makale, hal ini dilihat dari hasil belajar siswa dimana t-hitung =-16.295, dan p = < 0,01 dengan level ? = 0,05, dengan t-tabel 2,120. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa p=0,01 < 0,05 maka hasil signifikan, dimana pembelajaran daring berpengaruh terhadap hasil belajar.

 

Downloads

Published

2022-12-29

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMK Pembangunan Makale Kelas X Kejuruan”, J. Neut., vol. 5, no. 1, pp. 25–30, Dec. 2022, Accessed: Nov. 15, 2024. [Online]. Available: https://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/neo/article/view/1512