Pengaruh Kemampuan Dasar Berhitung Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X di UPT SMAN 5 Tana Toraja

Authors

  • Ander Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Bergita Gela M. Saka Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Perdy Karuru Universitas Kristen Indonesia Toraja

Keywords:

kemampuan dasar berhitung, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan apakah ada pengaruh kemampuan dasar berhitung terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMK Pembangunan Makale. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-Post Facto, dengan menggunakan instrumen berupa esai, data hasil penelitian diolah dengan menggunakan statistik deskriptif , ststistik inferesial.

Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan dasar berhitung siswa kelas X SMKPembangunan Makale adalah 59,4 dan nilai rata-rata prestasi belajar matematika adalah 82,2 yang menunjukan ada  peningkatan. Sedangkan hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa ada pengaruh kemampuan dasr berhitung terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMK Pembangunan Makale. Hal ini dapat diihat dari uji korelasi dimana r hitung > r tabel  yaitu 0,667> 0,514. Pada setip peningkatan setiap variabel kempuan dasar berhitung akan berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa SMK Pemangunan Makale sebesar 0,481 hal ini dapat dilihat dari persamaan rekresi, dan pada nilai determinasi diperoleh R=0,445, yang dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh antara kempuan dasar berhitung terhadapa hasil belajar fisika yang dapat di kategorikan cukup kuat yaitu berada pada interfal koefisien  0.400 - 0,599.

Downloads

Published

2022-12-29

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Pengaruh Kemampuan Dasar Berhitung Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X di UPT SMAN 5 Tana Toraja”, J. Neut., vol. 5, no. 1, pp. 15–23, Dec. 2022, Accessed: Nov. 15, 2024. [Online]. Available: https://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/neo/article/view/1513

Most read articles by the same author(s)