IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN METAKOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA SISWA KELAS X SMAN 4 TORAJA UTARA
Keywords:
Model Pembelajaran Metakognitif, Aktivitas, Efektivitas, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan siswa dan keefektifan model pembelajaran metakognitif dalam pembelajaran Fisika Kelas X. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X sedangkan sampel yaitu kelas X D yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: 1) lembar observasi aktivitas siswa dan 2) tes hasil belajar siswa. Data hasil penelitian dianalisis dengan statistik
deskriptif. Yaitu skor rata-rata dari penjumlahan hasil belajar dengan nilai N-Gain. Hasil penelitian yaitu: 1) Model pembelajaran Metakognitif dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran Fisika sehingga pembelajaran berpusat pada siswa; 2)
Implementasi model pembelajaran metakogniti f efektif terhadap peningkatan hasil belajarfisika siswa SMAN 4 Toraja Utara.
References
Ariandi, Y. (2014). Berdasarkan Aktivitas Belajar pada Model. 1996, 579–585.Dowo, O., & Malang, K. (2016). Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran K-13. 5(3), 116–125.
Erni, V. (2012). Pemahaman, Keaktifan, Minat, Sikap Ilmiah dan Keterampilan Sosial Siswa dalam Pembelajaran Gerak Lurus dengan menggunakan Metode Hands On Activities
Firmansyah, A. (2006). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. 3(1).
Karuru, P. 2015. Evaluasi Pembelajaran Fisika. Diktat UKI Toraja Kuliah, M., & Kuantum, F. (2018). Peningkatan Metakognitif Mahasiswa Fisika Pada. II(1), 35–37.
Madya, W. A. (n.d.). Model Dan Strategi Pembelajaran Diklat (Kajian alternatif yang efektif).
Nasional, U. S. P. (1982). Introduction and Aim of the Study. Acta Pædiatrica,71, 6–6. https://doi.org/10.1111/j.1651- 2227.1982.tb08455.x
Pambudi, A., & Wiyatmo, Y. (2017). Efektivitas Pendekatan Metakognitif dalam Pembelajaran Masalah Fisika Peserta Didik Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(8), 696–703.
Sucipto, S. (2017). Pengembangan Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi dengan Menggunakan Strategi Metakognitif Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(1), 77.https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p 77-85