IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN METAKOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA SISWA KELAS X SMAN 4 TORAJA UTARA

Authors

  • Auxilia SMA Negeri 4 Toraja Utara
  • Perdy Karuru Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Bergita Gela M Saka Universitas Kristen Indonesia Toraja

Keywords:

Model Pembelajaran Metakognitif, Aktivitas, Efektivitas, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan siswa dan keefektifan model pembelajaran metakognitif dalam pembelajaran Fisika Kelas X. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X sedangkan sampel yaitu kelas X D yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: 1) lembar observasi aktivitas siswa dan 2) tes hasil belajar siswa. Data hasil penelitian dianalisis dengan statistik
deskriptif. Yaitu skor rata-rata dari penjumlahan hasil belajar dengan nilai N-Gain. Hasil penelitian yaitu: 1) Model pembelajaran Metakognitif dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran Fisika sehingga pembelajaran berpusat pada siswa; 2)
Implementasi model pembelajaran metakogniti f efektif terhadap peningkatan hasil belajarfisika siswa SMAN 4 Toraja Utara.

References

Ariandi, Y. (2014). Berdasarkan Aktivitas Belajar pada Model. 1996, 579–585.Dowo, O., & Malang, K. (2016). Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran K-13. 5(3), 116–125.

Erni, V. (2012). Pemahaman, Keaktifan, Minat, Sikap Ilmiah dan Keterampilan Sosial Siswa dalam Pembelajaran Gerak Lurus dengan menggunakan Metode Hands On Activities

Firmansyah, A. (2006). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. 3(1).

Karuru, P. 2015. Evaluasi Pembelajaran Fisika. Diktat UKI Toraja Kuliah, M., & Kuantum, F. (2018). Peningkatan Metakognitif Mahasiswa Fisika Pada. II(1), 35–37.

Madya, W. A. (n.d.). Model Dan Strategi Pembelajaran Diklat (Kajian alternatif yang efektif).

Nasional, U. S. P. (1982). Introduction and Aim of the Study. Acta Pædiatrica,71, 6–6. https://doi.org/10.1111/j.1651- 2227.1982.tb08455.x

Pambudi, A., & Wiyatmo, Y. (2017). Efektivitas Pendekatan Metakognitif dalam Pembelajaran Masalah Fisika Peserta Didik Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(8), 696–703.

Sucipto, S. (2017). Pengembangan Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi dengan Menggunakan Strategi Metakognitif Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(1), 77.https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p 77-85

Downloads

Published

2023-11-10

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN METAKOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA SISWA KELAS X SMAN 4 TORAJA UTARA”, J. Neut., vol. 6, no. 1, pp. 9–15, Nov. 2023, Accessed: Nov. 15, 2024. [Online]. Available: https://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/neo/article/view/2165