Upaya Peningkatan Minat Dan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIIA SMPN 4 Sesean Satap Melalui Pendekatan Kontekstual

Penulis

  • Enos Lolang Universitas Kristen Indonesia Toraja ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v8i3.994

Kata Kunci:

Pendekatan kontekstual, Minat Belajar, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat, aktivitas, dan hasil belajar matematika siswa melalui pendekatan kontekstual. Variabel yang diteliti adalah minat, aktivitas dan hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMPN 4 Sesean Satap yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang penerapannya melalui 2 siklus. Data penelitian dikumpulkan dengan lembar observasi angket minat belajar, aktivitas belajar siswa, dan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif. Statistik deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan minat, aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan kontekstual. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ditemukan bahwa aktivitas belajar siswa mwngalami peningkatan. Demikian pula hasil belajar siswa mengalami peningkatan dalam dua siklus pertama.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2020-06-23

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

[1]
“Upaya Peningkatan Minat Dan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIIA SMPN 4 Sesean Satap Melalui Pendekatan Kontekstual”, Jurnal KIP, vol. 8, no. 3, pp. 13–19, Jun. 2020, doi: 10.47178/jkip.v8i3.994.

Artikel Serupa

31-40 dari 174

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.