Penggunaan Program Mathematica Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Kombinatorika Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UKI Toraja

Authors

  • Enos Lolang Universitas Kristen Indonesia Toraja Author

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v2i1.150

Keywords:

motivasi belajar, kombinatorika, program Mathematica

Abstract

Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan visualisasi masalah-masalah kombinatorika melalui penggunaan program Mathematica dapat meningkatkan motivasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UKI Toraja dalam mempelajari perkuliahan Matematika Diskrit, khususnya pada topik Kombinatorika. Motivasi belajar diukur dengan menggunakan angket motivasi model ARCS yang disusun oleh Keller tahun 2010. Uji beda independent sample t-test pada tingkat keyakinan 95% (a = 0,05) menunjukkan adanya perbedaan signifikan motivasi mahasiswa, baik diukur dengan instrumen IMMS maupun CIS. Skor rata-rata motivasi awal pada kelas eksperimen adalah sebesar 3,86 meningkat menjadi 4,15. Skor rata-rata motivasi kelas kontrol adalah 3,88, meningkat menjadi 4,22.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-19

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Penggunaan Program Mathematica Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Kombinatorika Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UKI Toraja”, Jurnal KIP, vol. 2, no. 1, pp. 10–16, Dec. 2017, doi: 10.47178/jkip.v2i1.150.

Similar Articles

1-10 of 114

You may also start an advanced similarity search for this article.