Penggunaan Program Mathematica Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Kombinatorika Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UKI Toraja

Penulis

  • Enos Lolang Universitas Kristen Indonesia Toraja ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v2i1.150

Kata Kunci:

motivasi belajar, kombinatorika, program Mathematica

Abstrak

Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan visualisasi masalah-masalah kombinatorika melalui penggunaan program Mathematica dapat meningkatkan motivasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UKI Toraja dalam mempelajari perkuliahan Matematika Diskrit, khususnya pada topik Kombinatorika. Motivasi belajar diukur dengan menggunakan angket motivasi model ARCS yang disusun oleh Keller tahun 2010. Uji beda independent sample t-test pada tingkat keyakinan 95% (a = 0,05) menunjukkan adanya perbedaan signifikan motivasi mahasiswa, baik diukur dengan instrumen IMMS maupun CIS. Skor rata-rata motivasi awal pada kelas eksperimen adalah sebesar 3,86 meningkat menjadi 4,15. Skor rata-rata motivasi kelas kontrol adalah 3,88, meningkat menjadi 4,22.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2017-12-19

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

[1]
“Penggunaan Program Mathematica Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Kombinatorika Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UKI Toraja”, Jurnal KIP, vol. 2, no. 1, pp. 10–16, Dec. 2017, doi: 10.47178/jkip.v2i1.150.

Artikel Serupa

1-10 dari 114

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.