Identifikasi Kesalahan Menyelesaikan Soal-soal Lingkaran Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Rantepao.

Authors

  • Merylin Lasarus Universitas Kristen Indonesia Toraja Author

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v4i3.58

Keywords:

identifikasi kesalahan, soal-soal lingkaran, gaya belajar siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal  lingkaran ditinjau dari gaya belajarnya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal lingkaran berdasarkan gaya belajar. instrumen penelitian yang digunakan (1) tes pengelompokan gaya belajar, (2) tes diagnostik, dan (3) pedoman wawancara. Penelitian dilaksanakan pada siswa SMP Negeri 1 Rantepao. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII. Penentuan kelas penelitian ini didasari pada pertimbangan: siswa kelas VIII telah mempelajari materi lingkaran, sehingga diasumsikan telah memiliki pengetahuan yang memadai tentang materi lingkaran. Banyaknya subjek dalam penelitian ini sebanyak 3 orang siswa yang paling mendominasi dalam gaya belajar tersebut yaitu: 1 subjek kelompok gaya belajar visual, 1 subjek kelompok gaya belajar autorial, dan  1 subjek kelompok  gaya belajar kinestetik. Tahap-tahap dalam proses penelitian ini: (a) tes pengelompokan gaya belajar terdiri dari 36 soal yang terdiri dari 12 item pertanyaan untuk mengetahui modalitas visual, 12 item pertanyaan untuk mengetahui modalitas auditoril, dan 12 item pertanyaan untuk mengetahui modalitas kinestetik. (b) Tes diagnostik digunakan untuk mengetahui letak dan jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal. Tes diagnostic berbentuk tes uraian yang dikembangkan sendiri oleh penulis yang mengacu pada standar kompetensi dasar dan materi lingkaran pada siswa SMP kelas VIII. (c) Setelah dilakukan tes diagnostik selanjutnya dilakukan wawancara untuk mencari letak dan jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal pada materi lingkaran. Adapun pelaksanaan wawancara sifatnya semi terstruktur atau terbuka. Hasil penelitian menunjukkan: (1) subjek pertama (S1) bergaya belajar auditorial jenis kesalahan yang sering terjadi kesalahan teknis, kesalahan menggunakan data dan kesalahan penarikan kesimpulan  (2) subjek kedua (S2) bergaya belajar visual jenis kesalahan yang terjadi pada umumnya masuk pada lima kategori jenis kesalahan yaitu kesalahan konsep, kesalahan interpretasi bahasa, kesalahan teknis, kesalahan menggunakan data dan kesalahan dalam penarikan kesimpulan  (3) subjek ketiga (S3) bergaya belajar kinestetik melakukan kesalahan teknis dan menggunakan data. Hasil pengamatan peneliti dilapangan dari ketiga subjek penelitian tersebut,  subjek yang paling banyak melakukan kesalahan dari keempat tes diagnostik yang digunakan peneliti adalah subjek yang bergaya belajar visual. Kemudian, jenis kesalahan yang paling banyak terjadi dari ketiga subjek kesalahan kesalahan yang paling sering terjadi pada subjek penelitian adalah kesalahn teknis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-05

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Identifikasi Kesalahan Menyelesaikan Soal-soal Lingkaran Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Rantepao”., Jurnal KIP, vol. 4, no. 3, pp. 1033–1045, Dec. 2017, doi: 10.47178/jkip.v4i3.58.

Similar Articles

1-10 of 140

You may also start an advanced similarity search for this article.