Penerapan Metode Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dengan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.47178/jkip.v4i1.90Kata Kunci:
metode kooperatif tipe NHT, alat peraga manik-manik, prestasi belajar matematikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan alat peraga manik-manik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa SD, khususnya materi matematika kelas IV. Hipotesis penelitian ini adalah peningkatan prestasi belajar matematika pada kelompok yang menggunakan metode kooperatif tipe NHT dengan alat peraga manik-manik lebih tinggi daripada kelompok yang menggunakan metode non-NHT. Subjek penelitian adalah subjek kelas IV B (39 siswa). Alat untuk mengukur prestasi belajar adalah tes prestasi. Tes tersebut berisi tentang materi matematika topik bilangan bulat. Teknik analisis data menggunakan Mann Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis diterima, peningkatan prestasi belajar matematika kelompok NHT dengan alat peraga manik-manik lebih tinggi daripada kelompok non-NHT dengan nilai U = 3.000, dengan p < 0.05.