Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Melalui Pemanfaatan Media Audio-Visual (Film Projector) SDN 101 Makale 4 Kabupaten Tana Toraja
DOI:
https://doi.org/10.47178/jkip.v4i3.55Kata Kunci:
media audio-visual, ptk, hasil belajar, film projectorAbstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 101 Makale 4. Hal ini disebabkan karena guru didalam melakukan pembelajaran banyak memberikan teori atau konsep sedangkan siswa sangat sedikit mengetahui wujud dari teori atau konsep yang diberikan oleh guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah pemanfaatan Media Audio-Visual (Film Projector) dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 101 Makale 4 Kabupaten Tana Toraja dan Apakah hasil belajar IPA dapat ditingkatkan melalui pemanfaatan media Audio-Visual (Film Projector) siswa Kelas V SDN 101 Makale 4 Kabupaten Tana Toraja. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pemanfaatan media Audio-Visual (Film Projector) dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas V SDN 101 Makale 4 Kabupaten Tana Toraja dan Untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui pemanfaatan media Audio-Visual (Film Projector) siswa Kelas V SDN 101 Makale 4 Kabupaten Tana Toraja. Sumber data dalam penelitian ini adalah personil penelitian yang terdiri dari siswa dan guru. Jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan data kualitatif yang terdiri dari hasil tes belajar dan hasil observasi. Tindakan dalam penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus. Setiap siklus melalui empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari paparan data dan pembahasan diperoleh kesimpulan pembelajaran dengan memanfaatkan media Audio-Visual (Film Projector) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa, dimana dalam proses pembelajaran mengikuti langkah-langkah pembelajaran dengan memanfaatkan media Audio-Visual (Film Projector).