Mengatasi Kesulitan Siswa Dalam Operasi Perkalian Dengan Metode Latis Kelas VII SMP Negeri 1 Tondon
DOI:
https://doi.org/10.47178/jkip.v7i3.993Kata Kunci:
kesulitan siswa, metode latis, operasi perkalianAbstrak
Metode perkalian latis adalah metode perkalian yang menggunakan kisi untuk mengalikan angka yang terdiri atas beberapa digit. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam operasi perkalian dengan menerapkan metode latis. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIIc SMP Negeri 1 Tondon yang terdiri dari 27 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk
mengumpulkan data penelitian yaitu tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode latis dapat mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan operasi perkalian pecahan decimal. Hal itu ditunjukkan dengan menggunakan metode bersusun siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan perkalian pecahan decimal adalah 11 orang siswa atau 61,11%, dan setelah menggunakan metode latis 100% siswa dengan mudah menyelesaiak operasi perkalian desimal. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di kelas dengan melalkukan inovasi atau pembaharuan dalam hal penggunaan metode sehingga materi tersampaikan dengan optimal.
Jika materi diserap peserta didik dengan optimal maka hasil belajar akan meningkat. Metode latis adalah salah satu metode yang dapat digunakan guru dalam penyelesaian soal-soal operasi perkalian di kelas.