Mengatasi Kesulitan Siswa Dalam Operasi Perkalian Dengan Metode Latis Kelas VII SMP Negeri 1 Tondon

Authors

  • Enos Lolang Universitas Kristen Indonesia Toraja Author

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v7i3.993

Keywords:

kesulitan siswa, metode latis, operasi perkalian

Abstract

Metode perkalian latis adalah metode perkalian yang menggunakan kisi untuk mengalikan angka yang terdiri atas beberapa digit. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam operasi perkalian dengan menerapkan metode latis. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIIc SMP Negeri 1 Tondon yang terdiri dari 27 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk
mengumpulkan data penelitian yaitu tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode latis dapat mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan operasi perkalian pecahan decimal. Hal itu ditunjukkan dengan menggunakan metode bersusun siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan perkalian pecahan decimal adalah 11 orang siswa atau 61,11%, dan setelah menggunakan metode latis 100% siswa dengan mudah menyelesaiak operasi perkalian desimal. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di kelas dengan melalkukan inovasi atau pembaharuan dalam hal penggunaan metode sehingga materi tersampaikan dengan optimal.
Jika materi diserap peserta didik dengan optimal maka hasil belajar akan meningkat. Metode latis adalah salah satu metode yang dapat digunakan guru dalam penyelesaian soal-soal operasi perkalian di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-23

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Mengatasi Kesulitan Siswa Dalam Operasi Perkalian Dengan Metode Latis Kelas VII SMP Negeri 1 Tondon”, Jurnal KIP, vol. 7, no. 3, pp. 11–16, Jun. 2020, doi: 10.47178/jkip.v7i3.993.

Similar Articles

11-20 of 145

You may also start an advanced similarity search for this article.