Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN 109 Tombang Kecamatan Makale Utara Kabupaten Tana Toraja

Authors

  • Mersilina Luther Patintingan Universitas Kristen Indonesia Toraja Author
  • Joice Tangke Universitas Kristen Indonesia Toraja Author

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v9i1.1010

Keywords:

Profesionalisme Guru, Hasil Belajar Siswa, Pendekatan Kuantitatif, Metode Penelitian Expost Facto.

Abstract

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana profesionalisme guru terhadap hasil belajar afektif, kognitif dan psikomotor siswa SDN 109 Tombang.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Kuantitatif deskriptif dengan metode Expost- Facto. Teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling ( simpel acak sederhana ) dengan jumlah jumlah sampel 7 orang dan 20% dari 80 orang atau 16 orang siswa. Pengumpulan  data pada penelitian ini adalah kuisioner, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  ada pengaruh Profesionalisme guru terhadap hasil belajar afektif siswa, hal ini dibuktikan dengan hasil observasi pada profesionalisme guru dalam merancang RPP sebanyak 100% dan melaksanakan evaluasi untuk menilai proses dan hasil sebesar 100%.  Pengaruh Profesionalisme guru pada hasil belajar kognitif (Y2) siswa dengan niai signifikan 0,020< 0,05 dan pengaruh profesionalisme guru terhadap hasil belajar psikomotor siswa sebesar 0,040 < 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-20

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN 109 Tombang Kecamatan Makale Utara Kabupaten Tana Toraja”, Jurnal KIP, vol. 9, no. 1, pp. 1–13, Aug. 2020, doi: 10.47178/jkip.v9i1.1010.

Similar Articles

1-10 of 187

You may also start an advanced similarity search for this article.