Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN 109 Tombang Kecamatan Makale Utara Kabupaten Tana Toraja
DOI:
https://doi.org/10.47178/jkip.v9i1.1010Kata Kunci:
Profesionalisme Guru, Hasil Belajar Siswa, Pendekatan Kuantitatif, Metode Penelitian Expost Facto.Abstrak
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana profesionalisme guru terhadap hasil belajar afektif, kognitif dan psikomotor siswa SDN 109 Tombang.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Kuantitatif deskriptif dengan metode Expost- Facto. Teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling ( simpel acak sederhana ) dengan jumlah jumlah sampel 7 orang dan 20% dari 80 orang atau 16 orang siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuisioner, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh Profesionalisme guru terhadap hasil belajar afektif siswa, hal ini dibuktikan dengan hasil observasi pada profesionalisme guru dalam merancang RPP sebanyak 100% dan melaksanakan evaluasi untuk menilai proses dan hasil sebesar 100%. Pengaruh Profesionalisme guru pada hasil belajar kognitif (Y2) siswa dengan niai signifikan 0,020< 0,05 dan pengaruh profesionalisme guru terhadap hasil belajar psikomotor siswa sebesar 0,040 < 0,05.