Keahlian Komunikasi Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 2 Saluputti Dalam Proses Belajar Mengajar
DOI:
https://doi.org/10.47178/jkip.v7i3.485Kata Kunci:
keahlian komunikasi, proses belajar mengajarAbstrak
Dalam proses belajar dan mengajar di tingkat SMP, beberapa guru sering kali mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi dan dalam berinteraksi dengan siswa. Hal ini dapat terjadi karena guru tersebut kurang memahami dan mendalami keahlian komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana keahlian komunikasi guru dan apa unsur–unsur yang terdapat dalam keahlian komunikasi guru bahasa Inggris di SMPN 2 Saluputti dalam proses belajar mengajar. Data penelitiian ini dieproleh dengan melakukan pengamatan langsung dalam kelas dan melakukan wawancara terhadap guru bahasa Inggris. Hasil pengamatan dan wawancara terhadap kedua guru bahasa inggris di SMP Negeri 2 Saluputti di atas, ditemukan beberapa unsur keahlian komunikasi guru dalam proses belajar mengajar yang mereka lakukan, namun, keduanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan dari keahlian komunikasi yang dimiliki masing-masing. Adapun unsur-unsur yang terdapat dalam keahlian komunikasi guru yang ditemukan adalah keahlian mendengar, mengatasi hambatan komunikasi verbal, memahami komunikasi nonverbal dari murid, memecahkan konflik secara konstruktif, asertif dan meningkat keahlian komunikasi siswa.