Pengaruh Model Diskusi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sangalla

Penulis

  • Johanis Paliling Universitas Kristen Indonesia Toraja ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v2i3.160

Kata Kunci:

Model Diskusi, Hasil Belajar, matematika

Abstrak

Model pembelajaran diskusi memberikan peluang yang lebih besar kepada peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran baik dalam berdiskusi, tanyajawab, mencari jawaban, menjelaskan dan menyimak materi yang dijelaskan oleh teman dan memberikan peluang lebih besar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan “Adakah pengaruh model diskusi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sangalla’’. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sangalla’ tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 103 siswa yang terdiri atas 4 kelas.  Penentuan sampel penelitian dilakukan dengan teknik cluster random sampling sehingga terpilih kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar berbentuk uraian atau essay sebanyak 10 nomor. Data hasil penelitian dianalisis  dengan menggunakan statistik deskriptif berupa skor rata-rata, skor maksimum, skor minimum, distribusi frekuensi, dan persentase. Selain itu digunakan statistik inferensial yaitu uji-t dengan separated varian untuk mengetahui  pengaruh model diskusi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sangalla’. Hasil analisis data penelitian yang diperoleh yaitu: (1). penerapan model  diskusi dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sangalla’. (2).  hasil belajar matematika siswa yang diajar model pembelajaran konvensional dengan skor rata-rata 63,31, (3). peningkatan hasil belajar siswa seperti pada poin 1 dan poin 2,  ternyata menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model diskusi lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. (4). berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai sig (.003 < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model diskusi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sangalla’.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2017-12-20

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

[1]
“Pengaruh Model Diskusi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sangalla”, Jurnal KIP, vol. 2, no. 3, pp. 267–274, Dec. 2017, doi: 10.47178/jkip.v2i3.160.

Artikel Serupa

11-20 dari 160

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.