Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP Negeri Satap 3 Sangalla’

Penulis

  • Lois Rafika Tapa Rari Universitas Kristen Indonesia Toraja ##default.groups.name.author##
  • I Ketut Linggih Universitas Kristen Indonesia Toraja ##default.groups.name.author##
  • Selvi Rajuati Tandiseru Universitas Kristen Indonesia Toraja ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v9i2.1337

Kata Kunci:

metode diskusi, keterlaksanaan, aktivitas siswa, hasil belajar

Abstrak

Metode diskusi merupakan metode pembelajaran dimana adanya suatu kegiatan interaksi antara guru dengan siswa dan antara siswa dari bertukar informasi, pendapat, dan bekerja sama sehingga bisa menyelesaikan masalah dari pertanyaan masalah yang diberikan oleh guru, dan menyimpulkan jawaban bukti-bukti yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) keterlaksanaan pembelajaran dalam penerapan metode diskusi; 2) aktivitas siswa; 3) hasil belajar matematika siswa dengan
menggunakan metode diskusi pada siswa kelas VII A di SMP Negeri Satap 3 Sangalla’. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMP Negeri Satap 3 Sangalla’ yang terdaftar aktif mengikuti proses pembelajaran pada tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan cluster random sampling, yaitu pengambilan sampel secara acak. Semua siawa dikelompokkan sesuai dengan kelasnya dan setiap kelas diberi nomor 1-6. Hasil random tersebut diperoleh kelas VII A yang terdiri dari 24 orang sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: 1) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran: 2) lembar observasi aktivitas siswa: 3) tes hasil belajar yang digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan metode diskusi. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif berupa skor rata-rata dan persentase. Hasil analisis data ditemukan bahwa (1) keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi tergolong sangat baik, dengan skor rata-rata selama dua kali pertemuan sebasar 4,56; (2) pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi dapat melibatkan siswa secara aktif sehingga pembelajaran berpusat pada siswa dengan skor persentase yang diamati selama dua kali pertemuan sebasar 71,57%; (3) metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, hal ini terlihat dari skor rata-rata pada pre-tes 36,09, dan pada post-test meningkat dengan skor rata-rata 81,95. Berdasarkan data-data yang diperoleh dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar
matematika siswa kelas VII A SMP Negeri Satap 3 Sangalla’

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2021-10-08

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

[1]
“Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP Negeri Satap 3 Sangalla’”, Jurnal KIP, vol. 9, no. 2, pp. 1–18, Oct. 2021, doi: 10.47178/jkip.v9i2.1337.

Artikel Serupa

1-10 dari 179

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.