Upaya Peningkatan Minat Dan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIIA SMPN 4 Sesean Satap Melalui Pendekatan Kontekstual

Authors

  • Enos Lolang Universitas Kristen Indonesia Toraja Author

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v8i3.994

Keywords:

Pendekatan kontekstual, Minat Belajar, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat, aktivitas, dan hasil belajar matematika siswa melalui pendekatan kontekstual. Variabel yang diteliti adalah minat, aktivitas dan hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMPN 4 Sesean Satap yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang penerapannya melalui 2 siklus. Data penelitian dikumpulkan dengan lembar observasi angket minat belajar, aktivitas belajar siswa, dan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif. Statistik deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan minat, aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan kontekstual. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ditemukan bahwa aktivitas belajar siswa mwngalami peningkatan. Demikian pula hasil belajar siswa mengalami peningkatan dalam dua siklus pertama.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-23

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Upaya Peningkatan Minat Dan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIIA SMPN 4 Sesean Satap Melalui Pendekatan Kontekstual”, Jurnal KIP, vol. 8, no. 3, pp. 13–19, Jun. 2020, doi: 10.47178/jkip.v8i3.994.

Similar Articles

21-30 of 174

You may also start an advanced similarity search for this article.