Gambaran Gaya Belajar Siswa Yang Tinggal Di Daerah Lingkungan Pasar Pada Siswa Kelas V SD Negeri 4 Sesean Kelurahan Palawa’ Kecamatan Sesean Kabupaten Toraja Utara
DOI:
https://doi.org/10.47178/jkip.v6i3.301Keywords:
Gaya Belajar, Lingkungan PasarAbstract
Penelitian ini untuk mendeskripsikan gaya belajar siswa yang tinggal di daerah lingkungan pasar pada siswa kelas V SD Negeri 4 Sesean Kelurahan Palawa’ Kecamatan Sesean Kabupaten Toraja Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 9 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen utama dan instrumen pendukung berupa tes gaya belajar dan pedoman wawancara. Analisis data mengacu pada tahapan analisis menurut Miles dan Huberman yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penerikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh 2 siswa dengan gaya belajar divergen, 4 siswa dengan gaya belajar asimilatif, 2 siswa bergaya belajar konvergen, dan 1 siswa dengan gaya belajar akomodatif. Hal ini menggambarkan bahwa cenderung anak yang tinggal di daerah lingkungan pasar lebih banyak menggunakan gaya belajar asimilatif dibanding gaya belajar yang lain.