PERENCANAAN SUB STRUKTUR JEMBATAN SUNGAI ORONGAN KABUPATEN TORAJA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.47178/dynamicsaint.v4i1.689Keywords:
Perencanaan Sub Struktur, Abutment, Pondasi Telapak, Jembatan Sungai OronganAbstract
Untuk memudahkan menjangkau wilayah satu dengan yang lain maka dibangunlah jembatan yang dapat menghubungkan dan memudahkan menjangkau wilayah tersebut guna mendukung kegiatan masyarakat sehari-hari. Jembatan sendiri adalah bagian dari jalan yang berfungsi untuk menghubungkan antara dua jalan yang terpisah karena suatu rintangan seperti sungai, lembah, laut, jalan raya atau rel kereta api. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara membuat perencanaan Sub struktur yang akan digunakan pada jembatan sungai Orongan Kabupaten Toraja Utara dan cara menghitung dimensi dan kekuatan sub struktur tersebut dengan memperhatikan data tanah dan beban yang ada diatas dan yang akan melewatinya.
Dalam perencanaan tugas akhir ini Perencanaan jembatan terletak di sungai Orongan (Toraja Utara). Perhitungan Pembebanan menggunakan Metode Elemen Hingga (Finite Element Method), berdasarkan kombinasi pembebanan yang sesuai dengan standar pembebanan untuk jembatan RSNI-2005. Adapun tahapan – tahapan yang dilakukan sebelum merencanakan Sub Struktur Jembatan ini perluh terlebih dahulu menganalisa berbagai aspek seperti Analisa Lalu lintas, Analisa Tofografi, Analisa Hidrologi, Analisa Tanah, dan menganalisa Beban struktur Atas Jembatan.
Hasil penelitian ini adalah, perencanaan Sub Struktur Jembatan Sungai Orongan direncanakan menggunakan Abutment dengan beton bertulang fc’= 35 Mpa, mutu baja fy= 400 Mpa dengan dimensi abutment yaitu tinggi 5 meter, lebar 2 meter, dan panjang 6 meter. Sedangkan pondasi jembatan dapat direncanakan menggunakan pondasi dangkal yaitu pondasi telapak dengan mempertimbangkan data sondir dan hasil pengujian laboratorium dengan Nilai CBR 11,82% dengan keadaan tanah baik.