Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Pokok Bahasan Usaha dan Energi di SMA Kristen Makale

Authors

  • Natalia Tumba Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Enos Lolang Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Silka Silka Universitas Kristen Indonesia Toraja

Keywords:

media animasi, quasi eksperimen nonequivalent control group design, SMA Kristen Makale

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan apakah ada pengaruh penggunaan media animasi dalam pembelajaran fisika untuk pokok bahasan usaha dan energi di SMA Kristen Makale. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen nonequivalent control group design, dengan menggunakan instrumen berupa tes dan observasi , data hasil penelitian diolah dengan menggunakan statistik deskriptif , statistik non parametrik Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah diuraikan pada analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata nilai post-test siswa kelas eksperimen pada materi usaha nilai minimum 51,4  dan nilai maksimumnya 100. sedangkan pada kelas kontrol dengan nilai minimum 31,4  dan nilai maksimumnya 72,1. Pada materi energi pada kelas eksperimen diperoleh nilai maksimum yaitu 86,7 dan nilai minimum yaitu 46,7 Pada kelas Kontrol diperoleh nilai maksimum yaitu 86,7 dan nilai minimum yaitu 40,0. Berdasarkan uji non parametrik diperoleh nilai Asymp. Sig sebesar 0,228 >0,05 sehingga hipotesis diterima.

Downloads

Published

2022-12-29

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Pokok Bahasan Usaha dan Energi di SMA Kristen Makale”, J. Neut., vol. 5, no. 2, pp. 23–26, Dec. 2022, Accessed: Nov. 15, 2024. [Online]. Available: https://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/neo/article/view/1504

Most read articles by the same author(s)