Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Kelas X SMA Negeri 2 Rantepao

Authors

  • Silka Silka Universitas Kristen Indonesia Toraja

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar Fisika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Rantepao telah mencapai standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) atau belum setelah diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Subjek populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 31 peserta didik. Desain yang digunakan adalah One shot Case Study Design. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Rantepao telah mencapai standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) setelah diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar fisika yang memenuhi kriteria valid sebanyak 20 butir dari 32 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Rantepao setelah diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebesar 81,02 dan standar deviasi sebesar 2,50. Analisis inferensial menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berperan pada pencapaian nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Rantepao.

Downloads

Published

2018-03-09

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Kelas X SMA Negeri 2 Rantepao”, J. Neut., vol. 1, no. 1, pp. 25–28, Mar. 2018, Accessed: Nov. 15, 2024. [Online]. Available: https://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/neo/article/view/260