Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Sederhana Dalam Pembelajaran Fisika Pada Materi Tekanan Hidrostatis Siswa Kelas VIII SMP Kristen Makale
Keywords:
penggunaan alat peraga sederhana, tekanan hidrostatis, pembelajaran fisikaAbstract
Penelitian ini menggunakan alat peraga sederhana. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Kristen Makale. Sampel penelitian terpilih secara acak yang terdiri dari kelas VIII D. Data penelitian diambil dengan menggunakan: (1) instrumen tes; (2) instrumen angket minat belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hubungan penggunaan alat peraga sederhana dengan penguasaan (pemahaman) materi tekanan hidrostatis dalam pembelajaran fisika; (2) hubungan penerapan penggunaan alat peraga sederhana dengan minat belajar peserta didik dalam pembelajaranfisika; (3) keefektifan penggunaan alat peraga sederhana dalam pembelajaran fisika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1)Hubungan penggunaan alat peraga sederhana dengan penguasaan (pemahaman) materi tekanan hidrostatis saling berhubungan. Hal ini dapat dilihat dari tingkat pemahaman rata-rata peserta didik dari hasil belajar yaitu 62,5 % yang masuk kedalam kategori tinggi. (2) Hubungan penggunaan alat peraga sederhana dengan minat belajar peserta didik saling berhubungan. Hal ini dapat dilihat terdapat 6 peserta didik (37,5%) sangat berminat dan 10 pesertadidik (62,5%) yang berminat mengikuti pembelajaran fisika. (3) Keefektifan pembelajaran online dengan penggunaan alat peraga sederhana dalam pembelajaran fisika dapat meningkatkan hasil belajar dengan penggunaan alat peraga sederhana. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata pre-tes diperoleh 61,5danpos-tes diperoleh 82,625 yang tergolong kategori tinggi