PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA VISUAL PADA MATERI ELASTISITAS

Authors

  • Adrianto SMK Negeri 4 Tana Toraja
  • Enos Lolang Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Silka Universitas Kristen Indonesia Toraja

Keywords:

Pengaruh, Media Visual, Elastisitas

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan apakah ada pengaruh Penggunaan Media Berbasis Visual Pada Materi Elastisitas. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen nonequivalent control group design, dengan menggunakan instrumen berupa tes dan observasi, data hasil penelitian diolah dengan menggunakan statistik deskriptif , uji homogenitas. Berdasarakan hasil pengolahan data yang telah diuraikan pada analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata nilai post-test siswa kelas eksperimen pada materi elastisitas adalah 77,5 dangan standar deviasi 6,1 dengan nilai minimum 58,3 dan nilai maksimumnya 88,3. sedangkan rata-rata nilai  post-test siswa kelas kontrol pada materi usaha adalah 73,9 dangan standar deviasi 2,9 dengan nilai minimum 68,3 dan nilai maksimumnya 80,0. Berdasarkan uji normalitas dengan menggunakan SPSS didapatkan semua  nilai pada  Kolmogorov-Smirnova. Sig. > 0,05 dan nilai pada Shapiro-Wilk. Sig. >0,05, maka dapat disimpulkan penyebaran data normal. Kemudian pada Berdasarkan tabel diatas didapatkan nilai Sig. Based on Mean 0,041 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa varian data kelas eksperimen dan kontrol homogen. Sedangkan pada Berdasarkan tabel diatas diperoleh nilai sig. (2- tailed) sebesar 0,007< 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol.

 

References

Asnawir dan Basyiruddin Usman. 2002. Media Pembelajaran, Jakarta Selatan: Ciputat Press.

Arsyad, Azhar. (2005). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Deni Hardiyanto.(2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer. Jurnal Ilmu Pendidikan.

Efrully.(2017). Meningkatkan Aktivitas Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Media Visual Kelas V Materi Alat Peredaran Darah Manusia di SD NEGERI 13/1 MUTIARA BULIAN. Universitas Jambi.

Karuru,P.2015. Evaluasi Pembelajaran Fisika. UKI Toraja.

Nikmatul Khoiriyah.(2021). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Visual dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa pada Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan. Vol. 5, No.2.

Riyanto, Y.(2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Penerbit SIC.

Sadiman S., Arief, dkk. (1996). Media Pendidikan, Pengerian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sumartini, Tina Sri. (2017), Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 5, No.1

Downloads

Published

2023-11-10

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA VISUAL PADA MATERI ELASTISITAS”, J. Neut., vol. 5, no. 2, pp. 27–30, Nov. 2023, Accessed: May 02, 2024. [Online]. Available: https://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/neo/article/view/2164