Evaluasi Pengelolaan Laboratorium Fisika di SMA Negeri Se-Kabupaten Toraja Utara

Authors

  • silka Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Hendrik Universitas Kristen Indonesia Toraja

Keywords:

Pengelolaan; Laboratorium fisika; Sekolah Menengah Atas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengelolaan laboratorium fisika (1) perencanaan laboratorium fisika (2) pengorganisasian (3) pelaksanaan (4) pengawasan dan evaluasi program kerja laboratorium fisika. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di SMA Negeri se-Kabupaten Toraja Utara. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan laboratorium fisika (1) perencanaan kurang efektif karena jadwal kegiatan praktikum tidak dilaksanakan sesuai jadwal,tidak ada anggaran penambahan alat dan bahan praktikum (2) pengorganisasian belum optimal karena hanya memiliki papan struktur organisasi saja,tidak ada jadwal dan tata tertib praktikum (3) pelaksanaan juga belum efektif karena praktikum dilaksanakan tidak sesuai jadwal,tempat penyimpan alat dan bahan sudah tidak layak,banyak alat yang rusak dan tidak memiliki laboran (4) pengawasan dan evaluasi belum maksimal karena evaluasi dilakukan secara lisan tanpa ada laporan tertulis dan pengawasan dilakukan pada waktu tertentu saja.

 

Downloads

Published

2022-12-29

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Evaluasi Pengelolaan Laboratorium Fisika di SMA Negeri Se-Kabupaten Toraja Utara”, J. Neut., vol. 5, no. 1, pp. 5–10, Dec. 2022, Accessed: Nov. 15, 2024. [Online]. Available: https://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/neo/article/view/1499

Most read articles by the same author(s)