Evaluasi Kinerja Guru Bersertifikasi di SMA Negeri se-Kabupaten Toraja Utara
Keywords:
Evaluasi Kinerja, Guru BerserifikasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja guru bersertifikasi di SMA Negeri se-Kabupaten Toraja Utara yang meliputi : (1)Perencanaan Pembelajaran; (2)Pelaksanaan Pembelajaran ; (3) Evaluasi PembelajaranPenelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan metode kuantitaif dan kualitatif.Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru bersertifikasi di SMA Negeri se-Kabupaten Toraja Utara.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara,observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : terdapat 10 guru bersertifikasi yang kinerjanya berada pada kategori amat baik sesuai skor perolehan indikator kinerja guru terletak pada interval 75% > P ? 100%, dan 6 guru yang berada pada kategori baik karena skor perolehan indikator kinerja guru terletak pada interval 50% > P ? 75 %. Untuk aspek pelaksanaan pembelajaran terdapat 8 guru tersertifikasi yang berada pada kategori amat baik dan 8 guru tersertifikasi berada pada kategori baik. Untuk aspek penilaian kegiatan pembelajaran terdapat 11 guru tersertifikasi berada pada kategori amat baik dan 5 guru berada pada kategori baik.