Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keahlian Komunikasi Bagi Guru
Sebuah Studi pada Guru SMP Sekecamatan Rembon dalam Proses Belajar Mengajar
DOI:
https://doi.org/10.47178/jkip.v8i2.791Kata Kunci:
Keahllian Komunikasi, guru SMP sekecamatan RembonAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi keahlian komunikasi guru dalam proses belajar mengajar dan dalam berinteraksi dengan siswa Hasil dari penelitian ini diharapkan bisa bermanfaat sebagai masukan bagi guru-guru sehingga bisa menciptakan komunikasi yang baik dengan para siswa dan siswi khususnya dalam proses belajar-mengajar dan dalam berinteraksi dengan siswa-siswi pada tingkat SMP sekecamatan Rembon, Kabupaten Tana Toraja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif untuk menemukan faktor-faktor yang mempeengaruhi keahlian komunikasi guru di SMP sekecamatan Rembon, Kabupaten Tana Toraja. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keahlian komunikasi guru di SMP sekecamatan Rembon, Tana Toraja adalah: 1) kurangnya wawasan guru tentang kompetensi diri, kompetensi social dan wawasan pedagogic, 2) kurangnya keyakinan dan kesadaran akan profesi yang digelutinya, 3) banyaknya rutinitas diluar sekolah yang menyita waktu guru, 4) minimnya program-program pengembangan wawasan dan keterampilan yang diikuti oleh guru, 5) penerapan tata tertib dan peraturan yang kurang tegas di sekolah. Diasamping faktor-faktor yang sifatnya menghambat di atas, ada juga faktor-faktor yang mendukung yaitu: 1) sifat guru yang terbuka untuk meperoleh pengetahuan dan pelatihan, 2) kemauan guru untuk mengenali, mempelajari gaya belajar siswa serta karakter siswa, 3) kedisiplinan, kesadaran dan keyakinan guru terhadap tugas dan profesinya.