Analisis Makna Konseptual Dalam Buku Kompeten Berbahasa Indonesia Untuk SMP Kelas IX Karangan Asep Ganda Sadikin Dan Kawan-Kawan

Penulis

  • Simon Ruruk Universitas Kristen Indonesia Toraja ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v3i1.185

Kata Kunci:

makna konseptual

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna konseptual dalam buku Kompeten Berbahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas IX karangan Asep Ganda Sadikin dan kawan-kawan. Manfaat hasil penelitian adalah (1) memberikan masukan bagi orang yang berkecimpung di bidang bahasa mengenai makna konseptual dalam bahasa Indonesia; (2) dapat dijadikan acuan dalam penelitian sejenisnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) teknik observasi; (2) teknik dokumentasi. Teknik observasi digunakan untuk mengamati makna konseptual yang ditemukan dalam buku Kompeten Berbahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas IX. Sedangkan teknik dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data berupa makna konseptual yang digunakan dalam buku Kompeten Berbahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas IX. Populasi penelitian ini adalah semua makna konseptual yang digunakan dalam buku Kompeten Berbahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas IX, sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 55 makna konseptual. Hasil penelitian mengenai makna konseptual yang digunakan dalam buku Kompeten Berbahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas IX Karangan Asep Ganda Sadikin dan kawan-kawan yaitu dalam sebuah kata akan muncul beberapa makna konseptual. Setiap ciri atau konsep, akan muncul tergantung bagaimana kita memaknai kata tersebut.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2017-12-27

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

[1]
“Analisis Makna Konseptual Dalam Buku Kompeten Berbahasa Indonesia Untuk SMP Kelas IX Karangan Asep Ganda Sadikin Dan Kawan-Kawan”, Jurnal KIP, vol. 3, no. 1, pp. 422–440, Dec. 2017, doi: 10.47178/jkip.v3i1.185.