Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pokok Faktorisasi Suku Aljabar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tikala
DOI:
https://doi.org/10.47178/jkip.v1i1.142Kata Kunci:
Model pembelajaran berbasis masalah, materi matematikaAbstrak
Matematika masih mengalami banyak hambatan untuk ditransfer dari guru ke siswa. Banyak siswa mengalami kesulitan pada saat mengerjakan soal-soal matematika. Sehingga salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah penerapan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam belajar matematika. model pembelajaran berbasis masalah merupakan salah satu model pembelajaran dimana siswa mengerjakan soal-soal yang autentik dengan tujuan untuk menyusun pengetahuan mereka sendiri, mengembangkan inquri dan keterampilan berfikir, memandirikan dan percaya diri, model ini sangat efektif untuk pendekatan proses berfikir tingkat tinggi membantu siswa memproses informasi yang mereka miliki, membentuk pengetahuan sosial dan dunia fisik. Masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana kemampuan guru dalam menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah; Bagaimana Aktivitas belajar siswa dalam model Pembelajaran Berbasis Masalah pada siswa SMP Negeri 1 Tikala; Bagaimana hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Tikala dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Metode penelitian adalah eksperimen yakni penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Hasil penelitian yang didapatkan adalah kemampuan guru dalam kategori baik, aktifitas siswa dalam kategori aktif, ketuntasan belajar setelah diberikan perlakuan dalam kategori sangat tinggi, dan respon siswa dengan penerapan model berbasis masalah dalam kategori sangat senang.