Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT)Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 161 Leppan
DOI:
https://doi.org/10.47178/jkip.v1i1.141Kata Kunci:
Model Pembelajaran Number Head Together (NHT), hasil belajar matematika, siswa sekolah dasarAbstrak
Saat ini telah banyak dikembangkan berbagai macam model pembelajaran untuk mencapai tujuan belajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model Number Head Together. Model pembelajaran Number Head Together adalah suatu model pembelajaran yang mengedepankan aktivitas siswa yang menghendaki siswa belajar saling membantu dalam kelompok kecil dengan cara mencari, mengelolah, dan melaporkan informasi dari berbagai sumber yang akhirnya dipresentasekan di depan kelas. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah Model pembelajaran Number Head Together dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa? Untuk menjawab permasalahan tersebut maka perlu menjawab beberapa sub masalah yaitu: (1) Bagaimana kemampuan guru mengelolah pembelajaran?,(2) Bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran?, (3) Bagaimana hasil belajar matematika siswa setelah pembelajaran?. Oleh sebab itu tujuan penelitian ini adalah : (a). Untuk mengetahui kemampuan guru mengelolah pembelajaran, (2). Untuk mengetahui aktivitas siswa, (b). Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa setelah menerapkan Model pembelajaranNumber Head Togeher. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VA SD Negeri 161 Leppan dengan jumlah siswa 26 orang.Variabel-variabel dalam penelitian ini adalah pengelolaan pengajaran berdasarkan pembelajaran Pendekatan NHT , aktivitas siswa dalam pembelajaran, hasil belajar siswa. Untuk mengumpulkan data penelitian digunakan instrumen (1) lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, (2) lembar aktivitas siswa dan (3) tes hasil belajar siswa. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil pengolahan data diperoleh: (1) guru mampu mengelolah pembelajaran dengan baik dengan rata-rata kategori 3,80, (2) pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif selama kegiatan pembelajaran dengan rata-rata 70% (3) Pendekatan NHT dapat meningkatkan kemampuan siswa terhadap materi operasi hitung bilangan bulathal ini dapat dilihat dari nilai pre-test dengan skor rata-rata 28,30 dan nilai post-test mengalami peningkatan dengan skor rata-rata 66,46, dengan demikian penerapan model pembelajaran NHT dapat meningkatkkan hasil belajar siswa khususnya dalam menyelesaikan soal-soal operasi hitung bilangan bulat matematika siswa kelas kelas VA SD Negeri 161 Leppan.