Analisis Kesulitan Membaca Siswa Kelas II SDN 213 Inpres Lemo Tahun Ajaran 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.47178/jkip.v9i3.1146Keywords:
Kesulitan membacaAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana guru mengajarkan keterampilan membaca pada siswa kelas II SDN 213 Inpres Lemo dengan faktor-faktor yang menyebabkan siswa kelas II SDN 213 Inpres Lemo tidak lancar dalam membaca. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus. Teknik pengambilan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian pada kegiatan pembelajaran keterampilan membaca pada siswa kelas II SDN 213 Inpres Lemo dalam mengajarkan keterampilan guru menggunakan buku bacaan khusus untuk latihan membaca. Sekolah juga menyediakan buku-buku khusus untuk latihan membaca. Guru memberikan reward bagi siswa yang bisa menyelesaikan tugas yang diberikan, khususnya dalam pelajaran Bahasa Indonesia, ketika siswanya sudah mampu membaca dengan benar dan tepat. Guru memberikan reward berupa pujian tidak dalam bentuk barang. Hasil wawancara, observasi dan dokumentasi diperoleh informasi bahwa salah satu faktor yang membuat siswa A dan siswa B tidak lancar dalam membaca karena tidak adanya perhatian dari orang tua. Tenyata selama di rumah siswa A dan B tidak pernah didampingi oleh orangtuanya maupun saudaranya dalam belajar sebab orangtuanya sibuk berdagang, dan terlebih pada masa pandemi ini ia mengaku tidak pernah belajar kecuali saat ada tugas sekolah yang harus di kerjakan itupun katanya tugas itu cenderung dikerjakan oleh kakaknya.