Penerapan Metode Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dengan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD

Authors

  • Harmelia Tulak Universitas Kristen Indonesia Toraja Author

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v4i1.90

Keywords:

metode kooperatif tipe NHT, alat peraga manik-manik, prestasi belajar matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan alat peraga manik-manik dapat  meningkatkan prestasi belajar siswa SD, khususnya materi matematika kelas IV.  Hipotesis penelitian ini adalah peningkatan prestasi belajar matematika pada kelompok yang menggunakan metode kooperatif tipe NHT dengan alat peraga manik-manik lebih tinggi daripada kelompok yang menggunakan metode non-NHT. Subjek penelitian adalah subjek kelas IV B (39 siswa). Alat untuk mengukur prestasi belajar adalah tes prestasi. Tes tersebut berisi tentang materi matematika topik bilangan bulat. Teknik analisis data menggunakan Mann Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis diterima, peningkatan prestasi belajar matematika kelompok NHT dengan alat peraga manik-manik lebih tinggi daripada kelompok non-NHT dengan nilai U = 3.000, dengan p < 0.05.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-10

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Penerapan Metode Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dengan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD”, Jurnal KIP, vol. 4, no. 1, pp. 799–804, Dec. 2017, doi: 10.47178/jkip.v4i1.90.

Similar Articles

71-80 of 138

You may also start an advanced similarity search for this article.